Friday, September 14, 2007

Basic Knowledge about Thomas

Kalau anda seorang ibu dari anak cowo, sudah pasti (tidak mungkin tidak, kudu) kenal sama mainan yang satu ini. Thomas the tank engine atau Thomas train rasanya tidak bisa lepas dari anak cowo sekarang ini, salah satu korbannya ya, anak saya (2.5th).
Setelah beberapa lama mengikuti minat anak saya, ada beberapa hal yang perlu dipelajari sebelum anda mulai mengkoleksi mainan Thomas secara serius.
Ada beberapa tipe mainan Thomas yang dapat dikumpulkan sedikit demi sedikit, hingga dapat dijadikan suatu 'huge track' yang dapat anda design sendiri.

1. Thomas motorized road and rail by Tomy adalah salah satu yang cukup populer untuk dijadikan starter kit.

Sayangnya terakhir saya lihat di Kids Station jakarta, set mainan ini sudah tidak dijual lagi disana. Saya sempat membelikan nephew saya Thomas All Board set di Toys r Us Singapore seharga SGD$ 29.95.
Yang menyenangkan dari set ini adalah anda bisa membeli tambahan tambahan rail tracknya secara individual ataupun secara set (expansion packs).
gambar set yang diatas ini adalah the ultimate Thomas set yang terdiri dari 140 pcs.

2. Trackmaster System
Tapi sebelum anda memutuskan untuk invest pada Thomas set by Tomy yang diatas, ada baiknya juga perlu mengetahui bahwa pada awal 2007 ini license untuk Thomas train merchandise dari Tomy telah diambil alih oleh Hit entertainment, yang mengeluarkan tipe Trackmaster Railway System.



Suatu system yang mirip dengan Tomy, tapi dengan warna track yang berbeda (coklat natural), dan mereka mengclaim bahwa train track dari Trackmaster tetap dapat terkoneksi dengan train track dari Tomy dengan menggunakan adaptor yang disediakan di setiap set.
Saya sendiri belum pernah melihat set ini secara langsung di toko toko mainan yang ada di Jakarta, Hongkong dan Singapore. Tapi kalau memang benar Tomy akan menghentikan produksi Blue track mereka, ada baiknya memulai koleksi dari Trackmaster ini.

3. Wooden Thomas Train set by learning curve
.
Jika anda ingin Thomas set yang classic, set yang satu ini cantik dan yang pasti lebih tahan banting dibandingkan dengan mainan plastik, cocok sekali untuk dijadikan investasi.



Hanya saja hati hati jangan membeli wooden toys yang sudah di recall karena kadar timbal yang membahayakan. Saya ada melihat banyak wooden Thomas set di toko Better Toys di atas Ngee Ann city, Singapura.

4. Thomas Die Cast Set
Set yang satu ini tidak kalah tahan bantingnya karena badan train Thomas nya dibuat dari besi die cast.



Rasanya set yang satu ini ditargetkan untuk anak anak dibawah umur 5th karena permainan dan sistem koneksi yang simple (mereka tidak menyediakan tambahan atau asesoris track).
Dan banyak set di dalam Die Cast collection ini yang didesign khusus ke dalam container Take Along yang mudah untuk dibereskan dan dibawa bawa.

3 comments:

Anonymous said...

Yup, ini juga favorit anak saya (2.5th) Akhirnya saya beliin deh set standar-nya'Thomas motorized road and rail by Tomy'. Ini ok banget,kualitas sambungan plastiknya kuat banget (sambungan antar kereta) ditarik-tarik kenceng sama anak saya ga patah tuh.
Tapi bingung nih nyari extension rel kereta sama asesoris seperti terowongan-nya. Kira-kira Mommy Ape tau ga dimana yang jual terpisah dari set box-nya?...

Soalnya udah coba beliin yang model die cast anak saya ga suka. Terlalu kecil kayaknya.Padahal yang model ini asesorisnya lbh banyak :(

Irene said...

Mommy hamann,

Rasanya sih sekarang sudah banyak banget di jual terpisah di kids station deh.
Terakhir baru minggu lalu saya lihat di Kids Station Plaza Indonesia banyak cukup lengkap juga koleksi track dan extensionnya.
Boleh coba jalan jalan ke sana ya...:)

Anonymous said...

moms, kalo yang wooden set tau ngga tempat yang jualnya di jakarta ?
Anakku ud punya yang starter pack nya kebetulan waktu itu om nya bawain dari UK dan aku susah banget cari extentionnya disini, kebanyakan aku liat yang die-cast ato plastik.